8 Rahasia Orang Kaya

Posted by i kadek Mardika on Sunday, November 4, 2012

8 Rahasia Orang Kaya
SETIAP orang dapat hidup makmur, bahkan di tengah-tengah krisis yang menyebabkan mereka mengalami kesulitan ekonomi sekalipun. Mau tahu rahasianya?

Dalam bukunya yang berjudul The Difference, Jean Chatzky mengungkapkan ciri-ciri kunci yang dimiliki oleh hampir setiap orang kaya, yang dapat Anda terapkan untuk memperoleh kehidupan nyaman yang bebas dari masalah finansial:

1. Kebahagiaan dan optimisme
Beberapa orang percaya bahwa uang dapat membawa kebahagiaan, namun itu tidak sepenuhnya benar. Begitu hidup dalam kenyamanan, lebih banyak uang tidak akan membuat Anda merasa lebih bahagia. Tapi sebaliknya, kebahagiaan justru akan membawa Anda menuju kekayaan dan kesuksesan, begitu pula dengan optimisme. Kebahagiaan dan optimisme membuat Anda mampu mengatasi berbagai persoalan, menciptakan ide-ide cemerlang, berani mengambil risiko dan menerima konsekuensi, serta pantang menyerah saat menemui kegagalan.


2. Kemampuan bertahanOrang yang pernah mengalami kesulitan finansial sebelum menjadi kaya memiliki kemampuan bertahan yang lebih besar. Mereka tidak menyangkal hal-hal buruk yang terjadi, namun tetap mampu memegang kontrol dan memiliki keyakinan bahwa dirinya mampu menciptakan perubahan. Manusia tidak dilahirkan dengan kemampuan ini, oleh karena itu Anda memiliki kesempatan untuk mempelajarinya mulai sekarang.

3. Koneksi
Pernah mendengar istilah modal sosial (social capital)? Modal sosial adalah sebuah aset yang tercipta ketika hubungan antara individu-individu berubah menjadi suatu cara yang dapat menghasilkan tindakan. Orang kaya dan sukses secara finansial benar-benar memahami pentingnya komponen ini, dan tahu betul bagaimana cara memanfaatkannya. Mereka memperluas jaringan, bersosialisasi dengan tetangga, rekan kerja, dan orang-orang yang dapat memberi saran finansial dalam berkarier. Agar dapat terlibat dalam modal sosial, Anda harus mau meluangkan waktu untuk orang lain dan memosisikan diri sebagai pemimpin.

4. Hasrat
Hasrat merupakan elemen kunci yang menggerakkan orang dari perjuangan finansial menuju kesuksesan finansial. Orang kaya memiliki hasrat yang sangat tinggi, baik terhadap uang maupun karier. Karena itu, belajarlah untuk mencintai setiap hal yang Anda kerjakan meskipun pada awalnya tidak menyukainya.

5. Intuisi
Selama bertahun-tahun otak Anda telah mencetak banyak pola, informasi yang akan memperingatkan Anda bahwa jika suatu hal terjadi, maka hal lain akan mengikutinya. Kita menyebutnya sebagai pertanda atau intuisi. Intuisi ini dapat dikatakan sebagai indra ke enam yang dimiliki oleh hampir setiap orang kaya. Anda dapat belajar untuk meningkatkan kemampuan membaca intuisi dengan memberi ruang baginya untuk berkembang.

6. Kebiasaan menabung
Orang kaya bisa saja menghambur-hamburkan uang secara gila-gilaan, tapi berdasarkan studi, sebagian besar justru tidak melakukannya. Individu yang memiliki kekayaan dan aman secara finansial mengatakan bahwa menabung telah menjadi tujuan finansial yang sangat esensial.

7. Investasi
Orang kaya tidak takut menginvestasikan uangnya dengan mengambil risiko bermain saham.

8. Bersyukur
Orang yang berhasil memperoleh kekayaan dan mampu mempertahankannya biasanya bersyukur bukan hanya lewat kata-kata.

Mereka memperlihatkan rasa syukurnya dengan memberikan timbal balik kepada komunitas mereka, atau organisasi-organisasi yang mereka percaya, serta orang-orang yang mereka sayangi.

Salam sukses vo2water Bali

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Powered by Blogger.