MLM Bukan Bisnis Waktu Luang

Posted by i kadek Mardika on Thursday, October 25, 2012

Saat mempromosikan bisnis MLM yang kita jalankan, pernahkah Anda mengeluarkan jurus promosi seperti ini?


“Coba dulu saja, bisnis ini sampingan yang bisa dikerjakan saat waktu luang kok”.
Atau …
“Lakukan saja saat sedang santai, pas gak ada kerjaan. Gak butuh banyak waktu kok buat jalanin bisnis ini”.

Dan penawaran lain semacam itu?
Lalu prospek Anda tertarik untuk bergabung, dan gagal ditengah jalan.

Apa yang salah?

MLM adalah bisnis yang membutuhkan perhatian, fokus dan kerja serius. Kita dapat mengerjakannya sambil melakukan pekerjaan lain dalam waktu yang sama, seperti pekerjaan kantor atau pekerjaan rumah tangga, tapi sama sekali bukan pekerjaan yang ‘bisa dikerjakan kapan saja saat waktu luang’.
Saat kita berkomitmen untuk sukses dalam bisnis ini, kita harus:


Membuat jadwal kerja, dan mematuhi jadwal yang sudah kita buat!
Pekerjaan, apa pun itu, butuh punya jadwal. Apa yang menjadi prioritas, apa yang harus dilakukan saat pagi, siang dan sore bahkan malam hari, mulai hari ini hingga 1-3 bulan ke depan harus dirancang.  Memiliki sebuah catatan dalam agenda kerja atau kalender merupakan hal mendasar bila kita ingin sukses.

Siapkan diri untuk sungguh-sungguh menataati jadwal yang sudah dibuat
Agenda pekerjaan dibuat, pasti untuk ditaati. Karena itu, bersiaplah untuk menaatinya. Bisnis MLM adalah bisnis yang didesain untuk dikerjakan sesuai dengan kemauan dan kemampuan si pebisnis. Antara satu pebisnis dengan yang lain, kemungkinan besar akan memiliki jadwal kerja yang berbeda sesuai dengan situasinya. Kitalah yang paling memahami situasi kita. Karena itu, setelah membuat agenda kerja, yang terpenting kemudian adalah, kerjakan sesuai jadwal.

Saat agenda yang dibuat meleset, kerjakan apa saja yang bisa dilakukan!
Situasi kadang berubah. Ada kalanya rencana kerja yang kita buat tidak sesuai dengan situasi yang kita hadapi. Misal, minggu lalu saya sudah membuat beberapa jadwal keluar rumah yang agak padat, eh ternyata anak-anak sakit. Saya terpaksa tinggal di rumah seharian selama hampir seminggu. Apakah saya lalu mangkir kerja? Tidak! Saya menggunakan internet, bbm dan sms untuk menggantikan kehadiran saya. Saya manfaatkan waktu yang ada untuk melakukan pekerjaan lain agar tidak terbuang percuma.

Manfaatkan pelatihan yang diadakan. Jadwalkan!
Jadwalkan diri untuk mengikuti pelatihan dan training yang diadakan oleh perusahaan atau grup bisnis Anda. Meninggalkan pelatihan-pelatihan bisnis ibarat menggarisbawahi catatan: Saya tidak ingin sukses kok! Sebab besar sekali manfaat pelatihan dan training untuk menumbuhkan diri Anda, juga bisnis Anda tentunya. Jadi, meski cukup menyita waktu, biasakan untuk hadir dalam program ini.

Pertanyaan mendasar bagi Anda yang memilih jalur sukses bersama MLM adalah: seberapa besar komitmen Anda untuk sukses? 
Ini akan menjawab pertanyaan selanjutnya: seberapa banyak waktu yang akan Anda luangkan untuk bekerja?

Satu yang harus diingat: MLM butuh fokus, disiplin dan kerja keras. Apakah tiga hal ini akan Anda lakukan secara penuh waktu atau paruh waktu bukanlah masalah utama selama Anda mau bekerja secara rutin disiplin dan fokus.

Salam Sukses ya!

Salam, Sonhaji team

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive