Vitalnya Manfaat Air Putih Bagi Manusia

Posted by i kadek Mardika on Sunday, October 21, 2012

Orang sering kali lupa menjaga tubuh senantiasa sehat dan bugar. Rutinitas kerja yang tak bisa ditunda menjadi salah satu penyebab Anda kurang minum air putih. Padahal harus di akui manfaat air putih bagi manusia begitu besar.
Idealnya, manusia minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari. Hal ini dipicu oleh rata-rata pengeluaran urin orang dewasa sekira 1,5 liter per hari. Air juga keluar melalui pernapasan, keringat, dan pergerakan usus. Adapun makanan hanya menyumbang 20 persen dari jumlah total yang diperlukan tubuh. Jadi manfaat air putih yang utama adalah akan menggantikan cairan tubuh yang hilang.
Dalam tubuh setiap orang berisi cairan sekira 60 persen. Sehingga manfaat air putih untuk menjaga sistem tubuh sangatlah penting. Misalnya, air akan membilas racun di organ vital, membawa nutrisi ke sel tubuh, dan menghasilkan kelembapan bagi jaringan telinga, hidung, dan tenggorokan. Tubuh yang kurang cairan bisa menyebabkan dehidrasi, sehingga organ tubuh tidak berfungsi secara normal.
Air Putih
Menurut dokter Regina Karim (Health Marketing Director Danone), manfaat air putih tidak di sadari oleh masyarakat sehingga mereka sering kurang minum. Padahal kurang minum bukan hanya menyebabkan terjadinya dehidrasi pada tubuh. Namun bisa membuat otak kurang konsentrasi dan tidak bisa menangkap pelajaran dengan baik.
Gejala lainnya akibat tidak tahu manfaat air putih yaitu darah akan mengental sehingga rasa capai berlebihan, lesu, dan sering mengantuk. Hal tersebut karena cairan dalam darah tersedot untuk kebutuhan lain di dalam tubuh.
Selain penelitian THIRST yang berkaitan dengan konsumsi air minum, penelitian yang dihelat tiga perguruan tinggi ternama di Indonesia (IPB, Unair, dan Unhas) melaporkan, dehidrasi dapat menyebabkan beragam masalah dalam tubuh. Misalnya, kekurangan 2 persen air menyebabkan tubuh manusia mengalami gangguan dalam fungsi otak, seperti konsentrasi dan kemampuan berpikir. Kehilangan 4-6 persen air menyebabkan tubuh mengalami sakit kepala, letih, lemah. Apabila kekurangan air mencapai 12 persen, maka fungsi pergerakan atau otot tubuh pun dapat terganggu. Sehingga manfaat air putih tidak optimal di dalam tubuh.
Kekurangan 15-25 persen cairan tubuh berakibat fatal bagi tubuh manusia. Di samping itu, kekurangan air dapat menimbulkan gangguan pada ginjal, seperti timbulnya batu ginjal dan infeksi saluran kemih. Sehingga setiap orang dianjurkan minum air dalam jumlah cukup dan harus mengetahui manfaat air putih bagi kesehatan.
“Kita harus meningkatkan kesadaran untuk minum dua liter air putih sehari. Jika melakukan aktivitas fisik, tergantung cairan tubuh yang dikeluarkan. Jadi, dua liter itu minimal diminum dalam sehari, ujar Dr. Regina yang menjelaskan besarnya manfaat air putih.
Sumber : lifestyle.okezone.com

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive