Tips Menghadapi Kejenuhan Dalam Bisnis MLM

Posted by i kadek Mardika on Friday, October 26, 2012


Ada saat dimana kita merasa begitu jenuh dengan rutinitas bisnis, tidak pedulu seberapa besar kenaikan atau kemajuan yang sedang menghampiri bisnis kita.
Rasa ini mendadak saja datang, membuat kita tidak mampu berpikir jernih dan untuk sementara malas berbuat apa pun.

Sebagai manusia, wajar sekali kita dilanda kejenuhan. Anda bukan satu-satunya manusia di dunia ini yang mengalami tekanan ini. Saya dan siapa pun pasti pernah, jadi tetaplah berusaha menghadapi hal ini dengan jernih.
Caranya? Mari kita intip tips berikut ya:
Darurat! Lakukan pertolongan pertama: 

istirahat. Rasanya seperti menentang arus bukan? Saat banyak pekerjaan dan bisnis kita mulai menanjak, kita justru harus beristirahat. Tapi benar, jika kita paksakan untuk bekerja dikala jenuh melanda, hasilnya tidak akan bagus sebab energi yang kita pancarkan sangat negatif.
Bergeraklan melambat [slower], suntikkan energi baru dari hal-hal lain yang bisa menyenangkan hati, seperti membaca, menonton film bagus, olah raga, berwisata barang satu-dua hari atau melakukan aktivitas hobi yang akan membuat otak kita ‘dingin’.

Sementara tubuh kita melakukan aneka aktivitas relaksasi, otak kita pada dasarnya tetap bekerja penuh, dengan cara yang berbeda dari biasanya. Aktivitas sejenis ini biasanya memperbarui cara pandang dan perasaan kita, hingga banyak sekali ide-ide brilian muncul disaat-saat ini.
Saran: siapkan buku catatan atau recorder di dekat kita. Setiap muncul suatu ide, catat atau rekam. Ide-ide yang terkumpul menunggu untuk ditindaklanjuti setelah kita kembali bekerja.
Tips kedua, datanglah ke seminar atau training. Bukalah browser dan cari penawaran-penawaran training atau seminar yang akan diadakan dalam waktu dekat. Training ini bisa berupa pelatihan apa saja yang menarik minat, bukan melulu pelatihan bisnis. Bisa pelatihan motivasi, pelatihan masak bila kita memang menyukainya atau apa saja. Ilmu baru akan menyegarkan pikiran dan perasaan.
Tiga, bergaul dan berteman. Pertemanan biasanya membuat perasaan kita bahagia. Kebahagiaan amat penting perannya dalam menyegarkan perasaan dan menjernihkan pikiran.
Teleponlah teman-teman lama, sahabat jauh dan bila memungkinkan, temui mereka dan bersenang-senanglah sejenak bersama mereka. Atau bila Anda termasuk penyuka pergaulan dengan kenalan baru, luangkan waktu untuk bertemu dengan orang-orang baru. Entah dalam sebuah klub, kopdar atau pelatihan-pelatihan. Selain sahabat baru, kenalan baru kelak bisa menjadi prospek bisnis yang potensial.
Tips keempat, sejenak, menyepilah. Benar-benar berikan waktu bagi diri sendiri. Tulis ulang daftar impian Anda. Tulis ulang rencana-rencana kerja Anda, juga beberapa kemajuan dan kendala yang muncul namun terabaikan begitu saja . Mungkin diantara daftar impian, kemajuan, kendala dan rencana kerja Anda ada yang tidak klop dan sebenarnya teramat membebani pikiran bawah sadar Anda. Merinci ulang biasanya mampu memetakan posisi kita dalam bisnis, membantu kita menemukan jalan keluar dan ide-ide baru.
Lakukan inovasi dengan bisnis Anda. Bila biasanya kita memprospek dengan tatap muka satu-satu, buatlah event bersama grup bisnis Anda. Lakukan pertemuan grup untuk menciptakan acara prospekting bersama. Atau membuat bazar kecil di salah satu tempat perbelanjaan. Atau bisa juga membuat semacam gathering sekedar bersenang-senang dengan kelompok bisnis Anda.
Demikian lima tips yang bisa kita lakukan saat dilanda kejenuhan. Semoga setelah melakukan beberapa penyegaran diatas, kita bisa kembali jernih dan semangat mengejar impian. Sukses ya!

Salam Sukses VO2BWI Sonhaji team

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive