Ada apa dengan bisnis MLM?

Posted by i kadek Mardika on Monday, October 22, 2012

Multilevel Marketing (MLM) adalah bisnis pemasaran jaringan yang merupakan diantara jenis bisnis yang ada di Indonesia. MLM merupakan bisnis dengan memanfaatkan jaringan manusia. Banyak produk dalam dan luar negeri yang menggunakan cara pemasarannya dengan sistem seperti ini.

Yang membedakannya adalah system yang digunakan oleh setiap perusahaan, dan reward yang diraih. Namun kebanyakan orang masih menganggap bahwa bisnis ini adalah bisnis yang mustahil dilakukan, sehingga orang terkadang menjauh pada orang yang sudah menawarkan bisnis ini. Ada beberapa kelompok yang memang melakukan bisnis ini dengan tidak sehat, seperti menipu uang, mengiming-imingi orang dengan infestasi untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Dengan terjadinya penipuan tersebut, maka ketika orang tahu bahwa perusahaan tersebut bermodel MLM maka orang akan menghindar, dengan berbagai alasannya. 


Sebenarnya tidak semua MLM seperti itu, jika perusahaan tersebut melakukan sistem dengan cara yang benar, maka tidak mungkin ada istilah penipuan, yang ada adalah keterbukaan kepada orang lain. Banyak orang menghira bahwa bisnis ini hanyalah bisnis untuk selalu mengajak orang-orang yang kita kenali, dan menganggap bahwa orang yang mengajak akan lebih beruntung ketimbang orang yang diajak berbisnis.

Sebenarnya ada beberapa keuntungan yang akan kita dapatkan selain uang, jika melakukan bisnis MLM ini. Dengan bisnis MLM kita akan mengetahui bagaimana cara kerja sistem bisnis ini. Seluk beluk dalam menjalani bisnis ini. Jelas keuntungan atau reward berupa materi dan uang akan diraih jika bekerja keras dan sungguh-sungguh menjalankan bisnis ini. 

Diluar dari keuntungan materi yang didapat, orang yang menjalani bisnis ini akan mengalami peningkatan dalam pengembangan dirinya,berubah baik dari sikapnya, penampilannya, dan cara berbicaranya. Karena bisnis ini membutuhkan rekan kerja atau tim, maka seseorang akan selalu berkenalan dengan orang yang belum kenal, untuk diajak berbisnis, dengan itu seseorang akan mempunyai jaringan pertemanan yang sangat luas. Bisnis ini akan membuat seseorang menjadi seorang leader atau pemimpin dan berjiwa bisnis karena orang tersebut harus memimpin orang yang diajaknya, sehingga sesuai dengan sistem yang ditentukan. 

Bisnis ini harus saling membantu satu-sama lain, sehingga jika ingin kita berada di atas, kita harus membantu terlebih dahulu rekan kita, yang secara struktur bisnis berada dibawah kita. 

Sistem pada bisnis tersebut harus terduplikasikan dengan benar kepada jaringan yang dipimpin, sehingga ketika jaringan sudah dapat berkerja mandiri, kita tidak bekerjapun jaringan akan bekerja sendiri. Itulah yang menjadikan aset bagi pebisnis untuk masa depan. Disamping itu pengetahuan berbisnis dan belajar dari pengalaman orang yang sudah sukses menjadi materi pokok dan wajib bagi seorang pekerja bisnis MLM. 

Materi bisnis tersebut ada dalam buku-buku yang berkaitan dengan bisnis ini. Buku-buku tersebut diantaranya berkaitan dengan sistem MLM, kepribadian seorang, cara untuk berkomunikasi dengan orang lain, kisah sukses, dan buku-buku motivasi lainnya. Konsultasi dengan orang yang sudah berkecimpung terlebih dahulu atau upline adalah hal wajib untuk menghindari kesalahan dalam menjalankan bisnis. 

Aturan dalam menjalankan bisnis ini pada umumnya sama, hanya dalam pemetaan jaringan bisnis pada setiap perusahaan berbeda-beda. Impian merupakan tujuan setiap orang yang melakukan bisnis ini, fokus pada impian menjadikan seorang akan terus termotivasi dalam bisnis ini. Orang melakukan bisnis ini karena adanya impian, atau tujuan yang akan diraih dari bisnis ini.

Namun tidak semudah membalikan telapak tangan menjalankan bisnis ini. Dalam bisnis ini tentunya membutuhkan pengorbanan, baik materi, waktu dan tenaga. Dalam praktiknya seorang MLM dihadapkan pada situasi, dan watak seseorang yang berbeda-beda. Tidak semua orang akan mengikuti dalam bisnis MLM. Persentasi harus terus dilakukan kepada orang yang kita tawarkan bisnis, penolakan menjadi resiko yang pasti dalam bisnis ini. Di sinilah perjuangan seorang yang melakukan bisnis MLM, penolakan, penghinaan, cacian, menjadi sebuah rintangan untuk dihadapi. Terkadang seorang akan dijauhi, karena orang lain tidak suka dengan keberadaan seorang pebisnis MLM, yang sudah dicap sebagai orang MLM. 

Prinsip semua bisnis, dimana orang yang kerja keraslah yang akan lebih diuntungkan. Mungkin saran dari saya adalah tidak ada salahnya juga kita mencoba dalam bisnis apapun, dan jika kita ingin berkecimpung dalam bisnis MLM pilihlah bisnis MLM yang perusahaannya besar, dan sudah mempunyai lisensi dari berbagai lembaga juga yang terpenting adalah produk yang ditawarkan bagus dan berkualitas. Hidup merupakan perjalanan yang membutuhkan kerja keras, dan sukses merupakan pilihan. Apapun itu bisnisnya selagi kita dalam jalur yang benar, pertahankan itu.
Salam Sukses vo2bwi sonhaji team

Sumber : kompasiana

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Powered by Blogger.

Blog Archive